Membuat API dengan Php dan Mysqli - Syntax Blog

Header Ads

Membuat API dengan Php dan Mysqli

Assalamualaikum temen2, kalian sudah tau apa itu API ? API adalah Application Programming Interface. ini menurut saya yang utama kalo lagi buat project gan :D kenapa kok API nya dulu yang harus di bangun ? ya tunggu saja di postingan selanjutnya ya gan, saya pernah posting tentang cara membuat API di blog saya yang satu gan ,.. tapi menggunakan nodejs , sekarang admin tulis kembali menggunakan PHP gan :)

jadi API itu di tengah2 antara aplikasi 1 dengan aplikasi lainnya gan,. jadi agan jika sudah buat API, bisa buat aplikasi lebih dari 1 gan ,.. dengan 1 database,. keren kan, mungkin agan sudah pernah menjumpai aplikasi yang seperti itu :D

langsung saja saya bahas, pertama siapkan dulu koneksi mysql nya :D sudah pastilah

Buat Koneksi ke Database


saya buat koneksinya pake OOP ya gan :) hehehe
untuk memanggil koneksi seperti ini gan

Ambil Data


contoh script di atas hanya untuk menampilkan data dari table user saja gan,. untuk menampilkan dengan format json pastikan dikasih header('content-type: application/json') ya gan, dan jangan lupa pula untuk output di kasih json_encode 

contoh hasil query di atas seperti ini gan

cara aksesnya yaitu bisa dengan POSMAN bisa juga dengan tools kesayangan agan :)

http://localhost:2000/latihan-framework/?page=user

di atas saya menggunakan method POST gan ,.
hehehe mungkin hanya ini dulu gan yang bisa admin posting, nanti lain waktu admin posting yang restfull gan :) terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke blog saya ini gan :)

wassalamualaikum wr.wb

No comments:

Powered by Blogger.